Family

Pengenalan Komputer untuk Anak Usia Dini

Menyikapi perkembangan teknologi yang semakin cepat, banyak orang tua yang mulai bertanya, sebaiknya mulai kapan mengenalkan komputer pada anaknya? Dengan perkembangan teknologi, generasi saat ini, biasa juga disebut Gen Z, sudah mengenal teknologi bahkan saat mereka dilahirkan. Tidak percaya? Coba perhatikan bayi-bayi kerabat Anda yang dilahirkan mulai tahun 2000-an, handphone adalah yang pertama kali mereka lihat beberapa saat mereka dilahirkan. Dan orang tuanya akan langsung memposting foto-tofo bayi mungilnya di sosial media mereka.

Sangat menarik bukan? Betapa penggunaan teknologi telah mengubah perilaku orang dewasa dalam menyikapi lingkungannya. Nah, bagaimana dengan anak-anak? Untuk generasi Z, yang memang dari awal kehidupannya telah terpapar teknologi dan bahkan internet. Pada usia dini pun, mereka sudah hafal dengan icon-icon apps yang biasanya bisa digunakan untuk kesenangan mereka. Youtube contohnya. Anak usia dini, paling hafal dengan icon merah dengan segitiga didalamnya, mereka akan menemukan keasikan sendiri saat mengklik dan menyaksikan video beserta lagu-lagu menarik.

Hasil gambar untuk kids computer

Tidak ada batasan yang valid mengenai umur berapa orang tua sebaiknya mengenalkan perangkat komputer pada anaknya. Karena pengenalan terhadap manfaat dan kegunaan komputer merupakan pengetahuan dasar yang dapat diberikan orang tua, supaya anak tidak gagap teknologi. Yang juga harus diinformasikan bahwa komputer akan bermanfaat apabila digunakan dengan semestinya. Mengingat bahwa ketakutan orang tua lebih terhadap penggunaan yang diluar dari konteks pembelajaran.

Misalnya pengenalan kegunaan komputer untuk anak usia dini, orang tua dapat mengenalkan fungsi komputer yang digunakan untuk fasilitas umum, misalnya di rumah sakit pada saat dokter memeriksa pasien, atau membantu pak polisi untuk mengatur lalu lintas, atau bahkan untuk membuat buku gambar yang biasa diwarnai di rumah. Fungsi-fungsi positif ini yang harus ditanamkan sedari kecil.

Setelahnya, orang tua juga dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain sebentar dengan komputer. Misalnya, bermain game komputer mengenai pengenalan huruf, angka dan mewarnai. Jangan lupa untuk dampingi, tetapkan aturan dan waktu bermain komputer, sehingga anak tetap dalam koridor pembelajaran.

Selain itu, orang tua juga harus membekali diri dengan pengetahuan penggunaan komputer itu sendiri, bagaimana mencegah penggunaan komputer yang tidak sesuai untuk anak-anak, misalnya cara blocking situs internet yang tidak aman (apabila komputer terkoneksi dengan internet), atau bagaimana setting password komputer apabila orang tua tidak ada di rumah, dan lain sebagainya.

So, parents.. mari menjadi smart parents, yang tetap dapat memberikan informasi bernutrisi tentang teknologi untuk anak-anak kita, dengan terus update teknologi dan memberikan arahan dan motivasi yang positif tentang teknologi. Selamat belajar!

Sumber bacaan:

-BINUS CENTER-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s